Sekilas Wajah Kota Bekasi

A city building, you experience when you walk; a suburban building, you experience when you drive. -Helmut Jahn-

Gambar inset adalah portofolio desain hasil karya Sdr. Iman Ashar yang meraih peringkat pertama pada Sayembara Penataan Area Bundaran Utama Sumareccon Bekasi. Karyanya kini telah terbangun (gambar background).
Gambar inset adalah portofolio desain hasil karya Sdr. Iman Ashar yang meraih peringkat pertama pada Sayembara Penataan Area Bundaran Utama Sumareccon Bekasi. Karyanya kini telah terbangun (gambar background).

Pagi ini tetap jadi pagi yang menyenangkan walau langit di luar dingin kelabu sejak tadi. Sebagian pasti berpikir cuaca begini paling enak tidur berlapiskan selimut kan hahah… :mrgreen: apalagi ini bulan puasa tidurnya pun jadi ibadah. Saya sendiri baru tadi malam sampai di rumah dan pagi itu rasanya mata masih begitu lelah. Tapi Ivan (@ipunkbroken) tadi telepon, katanya dia mau main ke rumah sebentar. Teman dari Solo itu jarang-jarang pulang ke Bekasi, jadi sekalian saja saya minta ditemani keliling kota Bekasi untuk bahan tugas portofolio. Untungnya anak itu gak nolak. Bagus, bagus!

Setelah menemani dia ke bank bayar PBB-nya, kini waktunya dia yang temani saya keliling berburu bangunan di Kota Bekasi. Dengar-dengar sih Kota Bekasi sedang giat-giatnya membenahi wajah kota. Iya, dengar-dengar. Maklumlah, sejak tinggal di rumah tante, Bekasi jadi sekedar perlintasan saja buat saya. Kota Bekasi mau ganti Walikota pun saya gak tau. haha.. Saya dan Ivan mencoba menyusuri daerah yang baru saja dibangun di jalan Ahmad Yani. Ya, Sumareccon Bekasi tengah membangun kawasan komersial dan hunian modern di sana.

Saya jadi norak sendiri ketika melintasi di ruas lambat jalan ini. Apartemen bahkan Stadion Sepak Bola tengah dibangun di sini. Kemudian ada Fly Over Noer Ali yang melintasi jalan Jend. Sudirman dan jalur KRL menuju kawasan hunian & komersial modern kota Summarecon Bekasi. Kayaknya kebanyakan gambar di studio nih jadi lupa perkembangan di kota ini ahaha 😆

Proses Pembangunan Stadion Bekasi
Proses Pembangunan Stadion Bekasi (Photo Credit: @ipunkbroken)

Sejak menorehkan perolehan nilai terendah dalam ajang Penghargaan Adipura 2012 silam, Walikota Rahmat Effendi memang tengah sibuk memperbaiki setiap sudut kota. Tak tanggung-tanggung, stadion yang tengah dibangun saat ini bertaraf internasional loh. Menurut Antara, nilai proyek stadion ini mencapai 450 milliar!! (rupiah ya bukan dollar) bahkan masih mungkin terus berkembang nilainya seiring pembangunannya. Semoga saja animo masayarakatnya segede stadion ini juga. Sayang kan udah bangun megah-megah tapi gak ada yang nonton.

Fly Over Noer Ali Summarecon Bekasi
Fly Over Noer Ali Summarecon Bekasi (Photo Credit: @ipunkbroken)

Selain stadion yang sedang dibangun, fly over Noer Ali turut merubah wajah kota Bekasi. Jembatan ini terlihat unik dengan ornamen kolom- kolom pada as jalan. Jembatan ini nantinya berfungsi menciptakan akses yang lebih cepat menujuju ke kawasan hunian modern Summarecon. Di dalamnya terdapat Summarecon Mal Bekasi yang akan menjadi pendatang baru setelah kehadiran pendatang baru lain sebelumnya seperti Bekasi Cyber Park, Bekasi Square dan Mega Bekasi Hypermal, yang tentunya akan semakin mempertua wajah Mal Metropolitan yang dulu pernah menjadi primadona masyarakat Bekasi.

Desain unik Summarecon Mal Bekasi
Desain unik Summarecon Mal Bekasi (Photo Credit: @ipunkbroken)

Kota Bekasi juga tengah mempersiapkan pembangunan sebuah bangunan yang akan menjadi landmark kota Bekasi, rencananya landmark ini akan dibangun di beberapa perbatasan kota Bekasi. Saat ini perkembangan pembangunan Landmark Kota Bekasi memasuki tahap akhir kompetisi desain. Landmark ini memang diperlukan untuk kota-kota yang tengah mempersiapkan diri menjadi sebuah kota yang metropolitan untuk meningkatkan kecintaan warga kepada kotanya sendiri. Seperti yang pernah dikatakan Jean Nouvel:

Each new situation requires a new architecture. -Jean Nouvel-

Kita tunggu saja seperti apa jadinya landmark Kota Bekasi nanti. 🙂

coverphoto source: Google

Take Nothing But Pictures

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s